Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN

AULIA PUSPITA SARI (2023) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar siswa di kelas IPA masih rendah. Nilai rata-rata kelas 4 masih berada di bawah standar ketuntasan ideal sebesar 75% yang ditetapkan oleh MI Hidayatussibyankuripan Babat. Hal ini dikarenakan siswa tidak menyadari pentingnya ilmu dan tidak mempelajari apa yang diajarkan. Selain itu, saat mengajar, guru hanya memberikan materi sementara siswa memperhatikan, mencatat, dan mengerjakan latihan soal. Berdasarkan permasalahan yang dikemukakan, penggunaan media visual dalam pendidikan IPA tentang struktur dan fungsi bagian tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar MI Hidayatusibian Klipan Babat Kelas IV. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Hidayatusibian Klipan Babat tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Prosedur investigasi yang dilakukan meliputi perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi siklus. Peningkatan pembelajaran pada siklus I penguasaan mata pelajaran tergolong buruk. Dari nilai ideal 100, nilai ketuntasan klasik hanya mencapai 70,5%. Siklus II meningkatkan skor integritas klasikal sebesar 88,2%. Oleh karena itu, penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV MI Hidayatusibian Klipan Tripe pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Helajar, Media Gambar, Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3627

Actions (login required)

View Item
View Item