Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TATA SURYA MELALUI MEDIA KEEP In TOUCH (KIT) PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

IMELDA AGIL SUSANTI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TATA SURYA MELALUI MEDIA KEEP In TOUCH (KIT) PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi tata surya melalui media Keep In Touch (KIT) pada siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tindakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Gayaman yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menguji keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, siswa yang tuntas hasil belajar siswa secara individu sebanyak 8 siswa dari 22 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 36% dan daya serap klasikal sebesar 63%. Sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 18 siswa dari 22 orang siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 82% dan daya serap klasikal sebesar 85%. Disimpulkan bahwa penerapan media Keep In Touch (KIT) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, tata surya , media KIT , Ilmu Pengetahuan Alam , sekolah dasar.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3625

Actions (login required)

View Item
View Item