INDRY SETYA RANY (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA ANAK KELOMPOK A TK PLUS WAHIDIYAH SAMPUNG KABUPATEN PONOROGO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian ini dilakukan berdasrkan pentingnya kemampuan berbicara pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode sosiodrama bagi anak kelompok A di Tk Plus Wahidiyah Sampung, mengetahui strategi Implementasi metode sosiodrama dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak pada kelompok A di Tk Plus Wahidiyah Sampung. Kemampuan berbicara merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap anak. Berbicara adalah kemampuan anak dalam menyampaikan keinginan, gagasan yang ingin disampaikan anak. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah menggunakan metode sosiodrama. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 27,67% dengan kriteria MB (Mulai Berkembang) yang berarti belum memenuhi standar kelulusan yaitu sebesar 85%, sedangkan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah sebesar 86,59% yang berarti sudah memenuhi standar kelulusan, ini diperoleh dengan menggunakan metode sosiodrama. Hal ini terbukti dengan capaian yang dimiliki anak, kosakata bertambah, anak tidak malu mengungkapkan pendapat. Kesimpulan dari penelitian ini, penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A Tk Plus Wahidiyah Sampung Kabupaten Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Metode Sosiodrama, Kemampuan Berbicara |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3623 |