Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 dengan MENGGUNAKAN MEDIA LOOSE PART (batu kerikil)

HANI'ATIN (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 dengan MENGGUNAKAN MEDIA LOOSE PART (batu kerikil). Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan 1-10 dengan menggunakan media loose part (batu kerikil) melalui metode pemberian tugas. Tempat penelitian dilaksanakan di TK PKK Tunas Bangsa Tuban pada tahun pelajaran 2022/2023. Subyek penelitian adalah anak usia 4-5 Tahun yang berjumlah 24 anak terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu pengamatan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10 merupakan hasil penelitian yang dilakukan dalam setiap siklus. Intrumen pengumpulan data dengan menggunakan alat bantu berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dari indikator diperoleh rata-rata pada siklus I jumlah anak yang belum tuntas sebesar 75% , sedangkan jumlah anak yang tuntas sebesar 25%, jadi data dari siklus I penilaian di bawah nilai ketuntasan belajar yaitu ≥80%, perbaikan dilanjutkan pada siklus II. Analisis hasil indikator penelitian dari rata-rata siklus II ini anak yang belum tuntas sebesar 8,3%, sedangkan anak yang sudah tuntas sebanyak 91,6%, dari data ini setiap indikator penilaian sudah menunjukkan keberhasilan, karena semua data sudah menunjukkan hasil penilaian diatas nilai ketuntasan dalam belajar yaitu ≥80%, hal ini menunjukan bahwa kegiatan perbaikan dalam belajar dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konsep Bilangan, Media Loose Part, Metode Pemberian Tugas.
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item
View Item