Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan kognitif anak melalui kegiatan bermain puzzle

NOFITA DWI INDRIANI (2023) Meningkatkan kognitif anak melalui kegiatan bermain puzzle. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak:Dalam proses pembelajaran, penggunaan media menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk dapat menarik minat belajar anak. Salah satunya adalah dengan bermain puzzle. Permainan ini mampu memberikan stimulus anak untuk belajar dengan berbagai macam gambar dan bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain puzzle di TK Muslimat NU 06 Gomang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dipilih berdasarkan hasil observasi lapangan yang menyatakan bahwa perkembangan kognitif anak didik masih kurang berkembang dan sebagian belum mampu untuk dapat memahami bentuk, warna, huruf dan lain-lain. Setiap siklus terdiri dari 4 Tahapannya adalah: Perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil perkembangan kognitif anak pada rata-rata siklus 1 presentase 9% anak mulai berkembang sesuai harapan dan mengalami peningkatan rata-rata siklus 2 presentasenya menjadi 83% anak berkembang sesuai harapan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dengan bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif,bermain puzzle
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3619

Actions (login required)

View Item
View Item