ROHIL FASMILLAILI FAUZIA NAFISA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN DAKON PADA KELOMPOK B TK PGRI III KEC. BOJONEGORO KAB. BOJONEGORO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan dan berhitung melalui kegiatan permainan dakon pada Kelompok B TK PGRI III. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK PGRI III yang berjumlah 10 anak. Objek penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep bilangan dan berhitung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 75% dari 10 anak dalam mengenal konsep bilangan dan berhitung dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan secara bertahap pada kemampuan kognitif anak. Peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini terlihat dari indikator kemampuan membilang dan berhitung. Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan dan berhitung dengan permainan dakon pada Siklus I 50%, karena masih kurang dari kriteria keberhasilan maka dilakukan pada siklus II dan meningkat sangat baik dengan mendapatkan persentase 80%. Dengan perolehan hasil tersebut maka penelitian dihentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan, kognitif, permainan tradisional, bermain, dakon |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3606 |