Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A Melalui Media Bahan Alam DI TK PERTIWI II TAHUN PELAJARAN 2022 -2023

INAYATUL MASFUFAH (2023) Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A Melalui Media Bahan Alam DI TK PERTIWI II TAHUN PELAJARAN 2022 -2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak: Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A Melalui Bahan Alam Di TK PERTIWI II JOMBANG. Anak usia dini memiliki berbagai kemampuan yang perlu adanya stimulasi, Pendidikan memegang peranan penting dalam perkembangan kreativitas anak di masa depan, anak perlu dibimbing dengan benar untuk menghasilkan kreativitas yang terbaik.Memasukkan bahan alami ke dalam pendidikan meningkatkan pengalaman belajar secara keseluruhan dengan memanfaatkan sumber daya yang ditemukan di alam.Dengan memanfaatkan bahan alami yang mudah diakses, anak-anak dapat mengembangkan pemahaman dan hubungan yang lebih dalam dengan lingkungannya.Tujuan memasukkan media alam ke dalam pendidikan adalah untuk menumbuhkan kecerdasan spiritual dan meningkatkan kepekaan lingkungan pada anak-anak. TK PERTIWI II JOMBANG ingin menumbuhkan kerativitas yang dimiliki anak dengan bahan alam. Penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Hasil observasi yang dilakukan terhadap guru yang dilakukan sepuluh kali pertemuan pada awal pembelajaran sampai selesai dengan sentra bahan alam, peneliti mendapati bahawa pembelajran dengan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak melalui bahan alam dengan pepaya baik dari buah, pelompong hingga biji buah pepaya sudah berkembang dengan sangat baik. Hal ini terlihat pada anak umur 4-5 tahun sudah mampu mengkreasikan sendiri berbagai macam bentuk-bentuk melalui media buah pepaya. Berdasarkan gejala-gejala yang ditemukan di lapangan, peneliti merekomendasikan bahwa dalam penyusunan RPPH sebaiknya mencantumkan KD (standar kompetensi). Sehingga tujuan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Diharapkan pada saat guru menerapkan model pembelajaran bahan alam ini menggunakan bahan-bahan yang ada di alam dan familiar bagi anak, bisa berupa bahan apa saja asalkan tidak merugikan anak dan selalu dalam pengawasan guru. guru. Menurut tahap perkembangan anak, guru.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kreativitas : Bahan Alam
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3600

Actions (login required)

View Item
View Item