Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Daur Hidup Hewan Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Melalui Media Video Youtube

MOHAMMAD IMAM ANSORI (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Daur Hidup Hewan Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Melalui Media Video Youtube. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa materi daur hidup hewan mata pelajaran ipa kelas IV sd melalui media video youtube. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa materi daur hidup hewan mata pelajaran ipa kelas IV sd melalui media video youtube. Agar siswa dapat memahami dan menguasai materi maka diperlukan media atau alat bantu belajar, yaitu media aplikasi youtube. Pada penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, siklus 1 tanggal 03 mei 2023 sedangkan siklus 2 08 mei 2023, pada masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi. Dalam penelitian siklus 1 diperoleh hasil ketuntasan belajar siswa kelas IV SDN Murtajih 3 Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan sebanyak 50% sedangkan pada tahap penelitian siklus 2 terdapat kenaikan yang mencapai 83,33% Berdasarkan data yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa media youtube dalam meningkatkan hasil belajar siswa sangat efektif dan mudah diterapkan di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Media Youtube.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3596

Actions (login required)

View Item
View Item