Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

ROSTHINA (2023) PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Membaca permulaan merupakan tahapan awal belajar membaca di kelas rendah. Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca permulaan karena beberapa permasalahan yaitu siswa kurang bisa memadukan huruf meskipun sudah melek huruf, guru masih menggunakan metode dan strategi yang konvensional serta tidak menggunakan media yang tepat dalam pembelajaran membaca. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I Sekolah Dasar, dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom action research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I sekolah dasar sebanyak 27 siswa. Rancangan penelitian ini melawati tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, mengamati, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus ada dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, lembar tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa. dimana pada siklus I hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa hanya 4 siswa atau 14,81% dari jumlah keseluruhan siswa yang membaca secara mandiri. Sedangkan pada siklus II hasil tes kemampuan membaca permulaan telah terjadi peningkatan yaitu diperoleh data sebanyak 18 siswa yang tuntas atau 66,67% dari jumlah keseluruhan siswa yang telah membaca secara mandiri. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Media Kartu kata, Membaca Permulaan
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3587

Actions (login required)

View Item
View Item