MARNI BINTI MAKING (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA, PEMBELAJARAN DI SDIT CAHAYA FIKRI BONTANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan upaya pemerintah Indonesia dalam mengembangkan sistem pendidikan yang lebih inklusif, kreatif, dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik. Namun, implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Cahaya Fikri Bontang menghadapi sejumlah tantangan yang perlu diatasi agar tujuan pendidikan yang diinginkan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu mengumpulkan dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa tantangan dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SD antara lain: (1) Keterbatasan Sumber Daya Manusia, (2) Ketersediaan sarana dan prasarana, dan (3) Kurangnya dukungan dari Orang Tua. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut adalah: (1) Pelatihan dan Pengembangan SDM dan Kesadaran Pendidik Mengenai Kurikulum Merdeka, (2) Peningkatan dan ketersediaan sarana dan prasarana dan (3) Peningkatan Komunikasi dan Partisipasi Orang Tua. Kesimpulannya, implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar memerlukan dukungan dari semua pihak terkait dan upaya yang komprehensif dalam mengatasi tantangan yang dihadapi. Penerapan Kurikulum Merdeka di SD diharapkan dapat menghasilkan peserta didik yang lebih kreatif, inovatif, dan memiliki keterampilan yang lebih baik dalam menghadapi tantangan masa depan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | implementasiKurikulum Merdeka, merdeka belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3584 |