Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PELAJARAN PKN MATERI LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT DAN ASRI KELAS 1 SDN 017 KOTA SAMARINDA

RIKO HARNOTO (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PELAJARAN PKN MATERI LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT DAN ASRI KELAS 1 SDN 017 KOTA SAMARINDA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPendidikan kewarganegaraan (PKN) adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki fokus pada pembentukan karakter seseorang yang dapat memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi individu yang cerdas, terampil dan berkarakter. Tantangan bagi pendidik untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah perlu adanya upaya melalui ragam model pembelajaran. Tujuan penelitian ini Mendeskripsikan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Mata Pelajaran PKN Materi Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Siswa Kelas 1 SD Negeri 017 Sungai Kunjang Kota Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Subjek dan tempat penelitian ini adalah siswa kelas IC meliputi 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan di SDN 017 kota Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat pra siklus Ketika peneliti masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran PKN siswa terlihat bosan dan kurang antusias dalam mengikuti materi pembelajaran. Hasil analisis data pra siklus menunjukkan 31% siswa mendapat nilai tuntas. Pada tahap siklus I peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble menunjukkan 59% siswa mendapat nilai tuntas. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I, namun masih perlu adanya perbaikan pembelajaran yang perlu dilakukan di siklus II. Dari hasil tes belajar siswa tuntas pada tahap pelaksanaan siklus II persentasenya diperoleh sebesar 83% kemudian siswa yang belum mendapatkan nilai tuntas diperoleh persentasenya sebesar 17%. Metode model pembelajaran kooperatif tipe scramble berdampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (31%), siklus I (59%), siklus II (83%).

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Scramble, Pendidikan Kewarganegaraan.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3582

Actions (login required)

View Item
View Item