MITHA APDILA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASEDLEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUASBANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 003 BARONG TONGKOK. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswakelas IV pada mata pelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran Problem BasedLearning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materikeliling dan luas bangun datar melalui model Problem Based learning.Sumber data daripenelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 003 barong Toangkok dilakukan pada semester 2 tahunpelajaran 2022/2023/Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalahdata kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatifpada setiap siklus. Sedangkan untuk data kualitatif berupa hasil observasi pada setiap sikluspembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilanuntuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 4 siswa atau4o% yang mendapat nilai tuntas atau di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi 6 siswaatau sebesar 60%. Pada silus II meningkat menjadi 9 siswa atau 90%. Kesimpulan daripenelitian perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi Keliling dan Luas Bangun Datar
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Matematika, Problem Based Learning |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3581 |