MARIANI (2023) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS V SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan metode Makw A Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Pecahan biasa di kelas V SD Negeri 002 Balikpapan Selatan. Jenis penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas dan Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V , dengan jumlah siswa 30 terdiri atas 16 Siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Kemampuan akademik mereka beragam, mulai dari kemampuan rendah, sedang dan tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: teknik observasi tes dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah: Lembar observasi, Lembar Tugas, Lembar Soal Tes dan Kamera Foto. Teknik analisis data dilakukan dengan memanfaatkan model analisis data mengalir, yang dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data dan penyimpulan atau verifikasi, didasarkan atas pesrsentase banyak siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan belajar minimal (KKM). Hasil penelitian membuktikan bahwa: siswa kelas V SD Negeri 002 Balikpapan Selatan pada materi pecahan meningkat, hasil belajar siswa kelas V meningkat dengan nilai rata-rata pada 74.86 dan dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 86.96% dan hasilnya menunjukan kemajuan yaitu rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77.75 dan dengan keberhasilan klasikal sebesar 93.10% dengan metode Make A Match.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Metode Make A Match, Hasil Belajar, Pecahan Biasa |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3580 |