Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Memahami Pembagian Cara Susun dengan Metode Penugasan Pada Siswa Kelas IV SD

HERLINAWATI SARAGIH (2023) Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Memahami Pembagian Cara Susun dengan Metode Penugasan Pada Siswa Kelas IV SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan siswa dalam pemecahan masalah pembagian matematika cara susun pada siswa kelas IV SD Kartika V-3 Balikpapan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Dengan rincian 17 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Berdasarkan hasil observasi, siswa kelas IV SD Kartika Balikpapan mengalami kesulitan dalam pengerjaan soal matematika terutama pada materi operasi hitung pembagian Dalam kelas menunjukkan bahwa ada siswa yang tidak mampu memahami materi pembagian cara susun. Pemahaman siswa dalam memahami pembagian cara susun kurang karena yang pertama, siswa kurang hafal perkalian. Kedua, siswa kurang memahami konsep pembagian cara susun itu sendiri. Selain itu ada faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar antara lain keterbatasan hafalan perkalian satuan, minat terhadap pembelajaran matematika, dan metode yang digunakan guru harus bervariatif agar pembelajaran di kelas lebih baik. Penelitian dilakukan dengan penugasan hafalan perkalian dan meningkatkan minat siswa di kelas. Dari hasil tes yang diperoleh dengan metode penugasan, didapatkan hasil yang lebih baik dari sebelum ada penugasan hafalan perkalian.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: matematika, pembagian, kesulitan belajar, minat
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3577

Actions (login required)

View Item
View Item