USWATUN KHASANAH (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATERI PECAHAN KELAS II SDN 007 BALIKPAPAN BARAT TAHUN AJARAN 2022-2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Penelitian berrtujuan untuk mengupayakan peningkatan hasil belajar materi pecah dengan menerapkan model pembelajaran make a match pada peserta didik kelas II SDN 007 Balikpapan Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Didalam siklus ada 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penenelitian ini adalah siswa kelas II SDN 007 Balikpapan Barat tahun ajaran 2022-2023. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskritif kuantitatif .instrumen dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu lembar observasi guru, dokumentasi, dan evaluasi hasil belajar. Hasil yang ditunjukan pada siklus I terkait hasil belajar yaitu 81,18% dari 22 siswa yang tuntas hanya 18 siswa sedangkan yang tidak tuntas ada 4 orang. Dengan kategori baik namun dalam presentase dinyatakan belum tuntas sebab tidak mencapai 90%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa yaitu 95,54% dari 22 siswa yang tuntas 21 siswa sendangkan yang tidak tuntas 1 siswa. Dengan kategori sangat baik dan dinyatakan tuntas secara klasikal sebab melebihi batas minimum 90%. Maka berdasarkan hasil penelitian diatas penerapan model make a match dapat mengupayakan peningkatan hasil belajar siswa kelas II SDN 007 Balikpapan Barat pada materi pecahan
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Hasil Belajar, Model Make A Match |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3576 |