Search for collections on Karya Ilmiah

Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menghitung Perkalian Dua Bilangan Siswa Kelas VI A SD Negeri 008 Balikpapan Barat dengan Metode Lattice Tahun Pelajaran 2022/2023

MAULIDA YULIANTI (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menghitung Perkalian Dua Bilangan Siswa Kelas VI A SD Negeri 008 Balikpapan Barat dengan Metode Lattice Tahun Pelajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting. Salah satu kompetensinya adalah siswa diharapkan mampu melakukan perkalian dua bilangan. Melihat urgensi siswa untuk mampu mengalikan dua bilangan dengan cepat dan tepat, maka perlu ditemukan metode lain selain metode bersusun. Metode Lattice, metode untuk menyelesaikan perkalian dua bilangan yang disajikan dalam bentuk tabel yang disusun berdasarkan satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya bisa dijadikan alternatif metode perkalian yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas VI A SD Negeri 008 Balikpapan Barat dalam mengitung perkalian dua bilangan. Peningkatan kemampuan berhitung, bisa ditunjukkan dari peningkatan hasil belajar hasil belajar yang datanya diperoleh berdasarkan hasil evaluasi dan penilaian aktivitas pembelajaran yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I dan II terlihat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap pra Tindakan adalah 37 poin yaitu mencapai 90%, dengan persentase kecepatan menghitung meningkat 19% dari siklus I menjadi sebesar 84%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode Lattice dapat meningkatkan kemampuan menghitung dua bilangan siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Perkalian; Metode Lattice
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3572

Actions (login required)

View Item
View Item