NUR ASYROH MAULIDAH (2023) Efektifitas Penggunaan Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Swasta Annisa Kec.Tanjung Redeb Kab.Berau. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Ketidakmampuan siswa dalam memahami materi perkalian disebabkan karena kebiasaan siswa yang mengandalkan hafalan tabel perkalian tanpa memahami konsep dasar perkalian dan guru kelas hanya menggunakan metode ceramah, tanpa menggunakan media atau benda nyata yang dapat menarik perhatian siswa selama proses pembelajaran, sedangkan di kelas II perkalian diajarkan untuk pertama kali, sehingga guru harus mengenalkan dasar-dasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa efektif Penggunaan Media Corong Berhitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Swasta Annisa Kec.Tanjung Redeb Kab. Penggunaan Media dianggap tepat oleh peneliti dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus dengan satu kali pertemuan per siklus. Siswa dikelas II SDS Annisa Tanjung Redeb merupakan subjek penelitian ini yang berjumlah 15 siswa. Merencanakan, melaksanakan, mengamati dan merefleksi merupakan Langkah awal dalam siklus PTK. Dari data yang didapatkan mengenai klasifikasi tuntasnya hasil belajar siswa dalam mengukur tingkat pemahaman siswa pada siklus I yaitu mencapai 47% pada angka rata-rata 66,2. Pada siklus II mencapai ketuntasan pembelajaran mencapai 93% disertai nilai rata-rata 85,27. Dari perolehan data disimpulkan penggunaan Media Corong Berhitung dapat membuat pemahaman siswa meningkat pada pembelajaran matematika kelas II di SDS Annisa Tanjung Redeb Tahun Pelajaran 2022/2023 pada materi Penjumlahan Berganda.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Penjumlahan Berganda, Media Corong Berhitung. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:12 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:12 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3570 |