Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SUKU KATA MELALUI MEDIA BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK AL AZHAR SYIFA BUDI SAMARINDA

FITRIANI (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SUKU KATA MELALUI MEDIA BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK AL AZHAR SYIFA BUDI SAMARINDA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca suku kata melalui media kartu kata bergambar pada anak Kelompok B1 TK Al Azhar Syifa Budi Samarinda Tahun Pelajaran 2022-2023. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam membaca suku kataPenelitian ini merupakan Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yakni 14 anak Kelompok B1 yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Objek penelitian yakni kemampuan membaca suku kata. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi yang berbentuk check list, indikator yang diteliti yakni indikator kemampuan menyebutkan lambang bunyi huruf, indikator menyebutkan suku kata yang sama, dan indikator membaca kata. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase masing-masing indikator kemampuan membaca pada anak telah mencapai ≥80% dengan kriteria baikHasil penelitian menunjukan bahwa media kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca suku kata. Pada pelaksanaan Siklus I presentase yang dicapai sebesar 55%, dan pencapaian kemampuan membaca suku kata pada Siklus II sebesar 80%. Langkah-langkah penggunaan media kartu kata bergambar yang dapat meningkatkan kemampuan membaca suku kata sebagai berikut: 1) setiap kelompok memperoleh 10 media kartu kata bergambar; 2) guru mengenalkan satu per satu lambang bunyi huruf yang membentuk kata; 3) mengenalkan kata atau kata benda yang memiliki suku kata yang sama; 4) membaca kata yang terdapat pada gambar; dan 5) anak-anak dibimbing untuk menjodohkan kartu kata dengan gambar yang sesuai, kemudian menyebutkan lambang bunyi huruf, menyebutkan suku kata yang sama, dan membaca kata.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: anak Kelompok B, media kartu kata bergambar, membaca suku kata,
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3569

Actions (login required)

View Item
View Item