Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD NEGERI 007 TERING

FRANSISKA REGINA HANDAYANI (2023) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD NEGERI 007 TERING. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam memahami konsep pembelajaran Bahasa Indonesia masih kurang, pada siswa kelas VI di salah satu Sekolah Dasar Negeri 019 Barong Tongkok. Hal ini di tandai dengan hasil tes masih dibawah KKM. KKM yang digunakan sekolah yaitu 65. Dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia guru cenderung menerapkan metode ceramah dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penilitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi milik Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 26 orang. Hasil dari siklus I dilihat dari hasil evaluasi siswa menunjukan rata-rata kelas siklus I sebesar 63,4 dan pada siklus II sebesar 74,6, artinya meningkat sebesar 11,2 poin. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: bahasa Indonesia, STAD, pemahaman konsep
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3567

Actions (login required)

View Item
View Item