Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Sekilas Siswa Kelas V

TWO MART DIAN SARI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Sekilas Siswa Kelas V. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca sekilas pada siswa kelas V SDN 002 Linggang Bigung Kabupaten Kutai Barat tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD 002 Linggang Bigung yang berjumlah 21 siswa dengan siswa laki-laki sebanyak 12 siswa dan perempuan sebanyak 9 siswa. Hasil observasi pra siklus menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN 002 Linggang Bigung belum menguasai ketrampilan membaca sekilas. Hal ini ditunjukkan dengan persentase hasil belajar siswa yang telah memenuhi KKM Bahasa Indonesia sebesar 42,86%, dimana guru masih menggunakan metode konvensional. Oleh karena itu dipilihlah model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan selama dua siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil belajar dari kedua siklus tersebut berbeda. Siklus I memberikan hasil belajar yang lebih baik, yaitu nilai rata-rata siswa mencapai 74,05. Nilai tersebut 3,91 poin lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata Pra Siklus yang hanya mencapai angka 70,14. Namun pada Siklus I masih diperlukan perbaikan karena masih terdapat 33,33% atau 7 dari 21 siswa yang masih belum tuntas KKM dengan nilai KKM adalah 70. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa lebih baik dari siklus I dengan nilai rata-rata 77,52 dan persentase ketuntasan meningkat menjadi 90,47%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapam model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca sekilas pada siswa kelas V SDN 002 Linggang Bigung.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, STAD
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:12
Last Modified: 11 Dec 2023 09:12
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3566

Actions (login required)

View Item
View Item