Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SD NEGERI 010 BABULU PADA MATERI PERPINDAHAN ENERGI PANAS DENGAN METODE EKSPERIMEN

NURUL WAHDAH (2023) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SD NEGERI 010 BABULU PADA MATERI PERPINDAHAN ENERGI PANAS DENGAN METODE EKSPERIMEN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mata pelajaran IPA kelas IV pada materi metabolisme energi (perpindahan energi kalor, energi tersimpan dan energi gerak dalam kehidupan sehari-hari di sekolah) SD Negeri 010 Babulu).Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua tindakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu Planning, Acting, Observing dan Reflecting. Kelas tersebut merupakan siswa kelas IV SDN Babulu 010 dengan jumlah siswa 27 orang. Setelah berakhirnya siklus 1, khususnya saat guru mengajar secara langsung, hasil siklus I telah menaikkan nilai rata-rata seluruh kelas menjadi 64,76. Pada Siklus II rata-ratanya adalah 87,62. Dengan demikian, dari kondisi pertama hingga terakhir, hasil belajar meningkat dari skor rata-rata 47,62 menjadi 87,62.Berdasarkan penelitian tindakan yang dilakukan selama dua siklus diperoleh peningkatan yang sangat signifikan, sehingga dapat disimpulkan model experiential learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA. metabolisme). energi termal, energi tersimpan dan energi sirkulasi dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: IPA, Eksperimen, Hasil Belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3555

Actions (login required)

View Item
View Item