Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas IV melalui penerapan teknik kuis tim pembelajaran IPS di SDN 009 Waru

RISNA (2023) Peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas IV melalui penerapan teknik kuis tim pembelajaran IPS di SDN 009 Waru. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV SDN 009 Waru dalam proses pembelajaran melalui penerapan teknik kuis tim (active learning).Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian berjumlah 16 siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan teknik kuis tim. Pada siklus I, berdasarkan hasil observasi, rata-rata skor hasil belajar siswa adalah 30 % dengan persentase 50, %. Pada siklus II, perbaikan yang dilakukan adalah mengubah isi segmen kuis tim, pemberian contoh soal jawaban singkat oleh guru, pemberian motivasi secara lisan kepada siswa agar mampu bekerjasama dengan rekan satu tim, dan memperbaiki kolom penulisan soal pada lembar kerja siswa. Melalui perbaikan tersebut, pada siklus II rata-rata skor hasil belajar siswa berdasarkan hasil observasi meningkat menjadi 60% dengan persentase sebesar 85%. Persentase tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yaitu rata-rata hasil belajar siswa berdasarkan hasil observasi >85%, sehingga tindakan dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, kuis tim acitve learning
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3552

Actions (login required)

View Item
View Item