ANAS ATHAYA HADI (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPA Akibat Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Multimedia. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penggunaan metode yang monoton serta model pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik dan kemampuan siswa kelas V SDN 020 Balikpapan Tengah menjadikan pembelajaran IPA tidak berjalan efektif hingga mempengaruhi keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi organ gerak pada hewan dan manusia. Akibat yang timbul adalah penurunan terhadap hasil belajar siswa di kelas. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 020 Balikpapan Tengah menggunakan model SAVI berbantuan multimedia. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua tahapan siklus. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V SDN 020 Balikpapan Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus, siswa yang tuntas berjumlah 10 dengan nilai rata-rata sebesar 75,05 dan capaian persentase sebesar 40%. Lalu terjadi peningkatan ketuntasan pada siklus I dengan jumlah 20 siswa, nilai rata-rata 81,92 dan capaian persentase 80%. Pada siklus II, seluruh siswa tuntas dengan rata-rata nilai 90,96 serta capaian persentase 100%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi organ gerak hewan dan manusia pada kelas V SDN 020 Balikpapan Tengah.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | IPA, SAVI, Multimedia |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3549 |