Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV PADA MATERI GAYA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BAYANAN

MUHAMMAD KHAIRUDDIN (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV PADA MATERI GAYA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BAYANAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah keterlibatan siswa secara langsung dalam pembelajaran sangat sedikit sehingga siswa kurang memahami materi yang diajarkan. Selain itu, siswa kurang antusias dan tertarik dengan materi karena guru menggunakan metode tradisional dalam mengajar. Siswa hanya menjadi subjek yang pasif, tidak mampu berpikir kritis, sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV pada materi gaya melalui model pembelajaran Discovery Learning Sekolah Dasar Negeri 2 Bayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan desain pre-test – post-test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV semester dua di Sekolah Dasar Negeri 2 Bayanan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi gaya. Pra-siklus rata-rata siswa adalah 61,2, siklus I adalah 68 dan siklus II adalah 82,8. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi gaya pada tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Gaya, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Discovery Learning
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3541

Actions (login required)

View Item
View Item