LIEN MARLINA ST (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT). Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
AbstrakGuru yang baik adalah guru yang mampu dan aktif dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang menarik serta aktif. Salah satu cara untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan aktif adalah dengan penggunaan model pembelajaran ketika pembelajaran berlangsung. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang akan meningkatkan keaktifan seluruh siswa adalah Teams Games Tournament (TGT), dimana model pembelajaran ini akan mengaktifkan peran seluruh siswa dalam pembelajaran, sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar . Penelitian ini dilakukan di SD-IT Qardhan Hasana Banjarbaru, yaitu pada siswa kelas 5 dengan jumlah siswa 26 orang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Berdasarkan hasil belajar pada materi pecahan terdapat hasil yang kurang maksimal yaitu dengan data 19 orang di bawah KKM (70) dan 7 orang diatas KKM, dengan nilai rata-rata 50,39 (42,37%). Hasil penelitian menunjukkan ada kenaikan hasil belajar pecahan, yaitu pada siklus I hasil test belajar Nilai rata-rata 60,19 (48,24%) dan pada siklus II ada peningkatan nilai sebesar 80,7 (81,5%) Dari penelitian menghasilkan analisis bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) memiliki pengaruh lebih besar terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas 5 dibandingkan dengan metode ceramah.AbstractA good teacher is a someone who is capable and active in creating with interisting and active learning conditions. One way to create interisting and active learning models when learning takes place. One of the cooperative learning models that will increase the activity of all students is the Teams Games Tournament (TGT), where this learning model will ative the role of all students learning, so that is expected to be able to improve learning outcomes. This reasearch was conducted at SD-IT Qardhan Hasana Banjarbaru, namely in grade 5 students with a total of 26 students consisting of 14 boys and 12 girls. Based on the learning outcomes in fractional material, there were less than optimal results, namely with data on 19 people below the KKM (70) and 7 peoples above the KKM, with an average score of 50,39 (42,37%). The results of the study showed that there was an increase in learning outcomes for fractions, namely in the first cycle the learning test results averaged 60,19 (48,24%) and in the second cycle there was an increase in the value of 80,7 (81,5%). From the research it resulted in an analysis that using the Teams Games Tournament (TGT) learning model has a greater influence on improving student learning outcomes in fractional material in grade 5 compared to the lecture method.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pembelajaran, Model pembelajaran TGT,Pembelajaran yang menarik dan aktifKeywords: Learning, TGT learning model, interesting and active learning |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3540 |