Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL DESCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA SDN EMIL BARU KELAS IV

NURDINA HIDAYATI (2023) PENERAPAN MODEL DESCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA SDN EMIL BARU KELAS IV. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS yang ditentukan oleh peneliti, Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV di Emil Baru Tahun Pelajaran 2023. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Emil Baru Kelas IV tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 12 orang, terdiri dari 4 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tema 8 subtema 1 pembelaiaran 3 tentang mata pencaharian penduduk berdasarkan tempat tinggal di kelas IV SDN Emil Baru. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 41,66% serta persentase ketuntasan klasikal mencapai 50% yaitu sebanyak 5 dari 10 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM dan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 81.25% dan ketuntasan klasikal mencapai 83.33%, atau sebanyak 10 dari 12 siswa sudah tuntas belajar dengan mendapatkan nilai di atas KKM.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, IPS
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item
View Item