SEPTALIA RAHMADHANY (2023) PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DAN METODE KOLABORASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUBINAN PADA SISWA KELAS I. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tak hanya kepiawaian guru dalam menggunakan media serta metode bahkan penguasaan kelas, namun motivasi, minat siswa serta sarana prasarana yang mendukung yang ada dilingkungan sekolah akan saling terpaut satu dengan yang lainnya untuk keberhasilan suatu proses pembelajaran, tak terkecuali pembelajaran Matematika. Menurut Piaget dalam Sugandi dkk (2007 : 35) proses pembelajaran adalah proses aktif, karena pengetahuan terbentuk dari dalam subjek belajar. Agar perkembangan kognitif siswa dapat terbantu, adanya suatu kondisi belajar yang memungkinkan siswa mampu belajar sendiri perlu dilakukan, selain itu metode pembelajaran yang sesuai dengan media yang akan digunakanpun perlu diterapkan. Namun dalam kenyataannya, guru kurang bisa memilih media serta metode yang tepat untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa, hal inilah yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada suatu mata pelajaran. Hal ini pula yang terjadi pada siswa Kelas I SDN 2 Mentawa Baru Hulu. 80% siswa memperoleh nilai dibawah KKM dalam Mata Pelajaran Matematika Materi Pengubinan, Kenyataan inilah yang melatarbelakangi diangkatnya judul penelitian PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DAN METODE KOLABORASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUBINAN PADA SISWA KELAS I. Dengan tujuan agar terselenggaranya suatu proses pembelajaran yang optimal bagi setiap siswa yang mampu menunjang keberhasilan hasil belajarnya..
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Media puzzle , Metode kolaborasi, Hasil Belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3524 |