Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN DI KELAS I MI HIDAYATUS SALAM

SUWATUN (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN DI KELAS I MI HIDAYATUS SALAM. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa kelas I materi penjumlahan pada pembelajaran matematika. Hasil belajar tersebut masih rendah disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya karena guru tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan di kelas I MI Hidayatus Salam. Subjek penelitian adalah siswa kelas I yang terdiri dari 14 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari hasil test akhir (post test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 42,8% (6 siswa), Persentase hasil belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 71,4% (10 siswa), dan pada siklus II, persentase hasil belajar siswa mencapai 100% (14 siswa). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media kantong bilangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan di kelas I MI Hidayatus Salam semester genap tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil belajar, kantong bilangan, matematika, penjumlahan bilangan
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3519

Actions (login required)

View Item
View Item