Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA SD MEMAHAMI CERITA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING

ACHMAD ALFANUL HAKIM ROCHIMUL HIDAYAH (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA SD MEMAHAMI CERITA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKTujuan Penulisan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dalam membaca dengan menggunakan metode role playing pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kauman II Baureno dalam 2 siklus. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV, semester II Tahun Pelajaran 2022/2023. Jumlah siswa sebanyak 22 orang siswa. Instrumen dalam penelitian antara lain: a) Tes ulangan harian digunakan untuk menjabarkan kelompok siswa, b) Lembar pengamatan siswa digunakan untuk mengamati langsung kegiatan siswa dalam penerapan pembelajaran role playing setiap siklus, dan c) Lembar pengamatan guru. Hasil pembelajaran dengan model Role Playing memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (68,18%), siklus II (77,27%). Dapat disimpulkan penerapan metode pembelajaran model Role Playing mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami cerita yang ditunjukan dengan hasil tes jawaban dari sebagian siswa,

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Siswa, Role Playing
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3518

Actions (login required)

View Item
View Item