TRIE WIDAYATIE (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENEMUKAN INFORMASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN SQ3R DI KELAS IV SDN GESIKAN II GRABAKAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Keterampilan membaca adalah salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar. Namun, berdasarkan observasi peneliti pelaksananan pembelajaran menunjukkan bahwa siswa kelas IV SDN Gesikan II belum mampu menguasai keterampilan membaca sehingga siswa belum mampu memahami konsep menemukan informasi dalam teks. Hal ini dibuktikan berdasarkan tes sebelum tindakan diperoleh hasil belajar siswa dari 24 siswa ada 16 siswa mengalami kesulitan belajar, sehingga siswa belum mampu memahami konsep menemukan informasi dalam teks. Sebagai alternatif perbaikan pembelajaran yaitu guru menerapkan stategi pembelajaran SQ3R. Strategi pembelajaran SQ3R merupakan strategi pembelajaran penimbul pertanyaan dan tanya jawab yang dapat mendorong pembaca teks melakukan pengolahan materi secara mendalam dan luas. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi menemukan informasi dalam teks. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gesikan II yaitu berjumlah 24 siswa. Dari penelitian ini diperoleh hasil yang berbeda yaitu pada siklus I diperoleh hasil belajar 63% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 83%, dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi menemukan informasi dalam teks pada siswa kelas IV SDN Gesikan II.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran SQ3R, Membaca, Hasil Belajar. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3517 |