Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENENTUKAN NILAI BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DAN MEDIA ANGKA BERWARNA UPT SD NEGERI 238 GRESIK

ULFI AZIZAH (2023) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENENTUKAN NILAI BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DAN MEDIA ANGKA BERWARNA UPT SD NEGERI 238 GRESIK. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini muncul berawal dari pembelajaran yang masih monoton dan membosankan sehingga hasil belajar siswa sangat rendah begitu juga dengan aktivitas siswa di dalam proses belajar mengajar juga sangat rendah cenderung guru yang lebih aktif dari pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan menentukan nilai bilangan di kelas II-B UPT SD Negeri 238 Gresik melalui metode pembelajaran kooperatif STAD dengan media angka berwarna. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II UPT SD Negeri 238 Gresik. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu siklus I (57%) dan siklus II (93%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif STAD dengan media angka berwarna dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, STAD, angka berwarna, nilai bilangan
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3516

Actions (login required)

View Item
View Item