Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Hasil Belajar Membaca Jam Menggunakan Model Explicit Instruction pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SDN Pulorejo 2 Kota Mojokerto

MASRUROH MAHARDIKA CHORIYAH (2023) Peningkatan Hasil Belajar Membaca Jam Menggunakan Model Explicit Instruction pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SDN Pulorejo 2 Kota Mojokerto. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang studi wajib yang diajarkan di sekolah baik dari tingkat dasar, tingkat lanjutan bahkan sampai perguruan tinggi. Matematika pada tingkat Sekolah Dasar masih belum sesuai dengan harapan. Kualitas pembelajaran Matematika pada tingkat Sekolah Dasar masih tergolong rendah serta masih didominasi dengan menggunakan metode ceramah. Hal itu dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar membaca jam menggunakan model pembelajaran Expicit Instruction pada mata pelajaran matematika kelas II SDN Pulorejo 2 Kota Mojokerto Tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus tindakan. Berdasarkan hasil penelitian analisis serta pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Explicit Instruction berjalan dengan lancar. Hal itu dapat dilihat dari aktivitas guru yang meningkat setiap siklusnya berdampak pada hasil belajar siswa yang juga mengalami peningkatan. (2) pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Explicit Instruction memberikan dampak positif pada proses pembelajaran terutama dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan presentase ketuntaasan belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 15% meningkat menjadi 90% pada siklus II sedangkan rata-rata siswa pada siklus I 61,25 menjadi 76,5 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Explicit Instruction, Hasil Belajar, Matematika.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3510

Actions (login required)

View Item
View Item