PUTRI PRASTYA SHOLIKHAH (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT POSTER BAHASA INDONESIA MELALUI TEKNIK MONTASE UNTUK KELAS IV SDI DARUN NAJAH PACETMOJOKERTO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelaksanaan penelitian perbaikan ini dilakukan dengan tujuan memperbaiki hasil belajar siswa kelas IV SDI Darun Najah pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis kalimat persuasif dalam poster Bahasa Indonesia melalui teknik montase. Penelitian dilakukan di kelas IV SDI Darun Najah Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto dengan jumlah sebanyak 12 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I dilakukan pada hari Jum’at 05 Mei 2023 dan siklus II pada hari Sabtu 06 Mei 2023 dengan melakukan observasi terhadap peningkatan keterampilan membuat poster Bahasa Indonesia melalui teknik montase. Dari hasil penelitian perbaikan pembelajaran yang diperoleh pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa ketercapaiannya 87,5%. Dalam hal ini kriteria desian dan warna dalam pembuatan poster menggunakan teknik montase belum sepenuhnya terpenuhi. Hal ini dikarenakan beberapa siswa mengalami kesulitan mencari gambar-gambar yang sesuai dengan tema poster. Sementara itu, pada siklus ke II menunjukkan adanya peningkatan keterampilan yang mencapai 94%. Dalam hal ini, sebagian besar poster karya siswa sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan baik isi, desain, warna, dan ketersampaian pesan dalam poster. Dengan demikian, teknik montase dapat meningkatkan keterampilan membuat poster Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDI Darun Najah Pacet Mojokerto.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan ketrampilan, poster bahasa Indonesia, teknik montase |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3507 |