Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Satuan Waktu Menggunakan Media Pembelajaran dan Metode Tutor Sebaya

PEBRIANA WULANDARI (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Satuan Waktu Menggunakan Media Pembelajaran dan Metode Tutor Sebaya. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKMateri satuan waktu merupakan salah satu pokok bahasan matematika yang sulit dikuasai siswa SD. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil belajar murid yang cenderung rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah guru tidak menggunakan media dan metode pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran metode tutor sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDIT Al Uswah Magetan tahun pelajaran 2022/2022. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I dan siklus II dengan nilai masing-masing sebesar 37%, 60% dan 85%. Kesimpulan penelitian adalah penggunaan media jam dinding dalam metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami subjek satuan waktu.ABSTRACTUnit of time is one of the subjects of mathematics that is difficult for elementary school student. It is shown by the results of student assessment reports that tend to be low. One of the contributing factors is that teachers do not use interesting media and learning methods. This research aimed to determine the effect of using peer methods learning media on mathematics learning outcomes of grade III students of SDIT Al-Uswah Magetan for 2022/2023 academic year. This research was conducted in four stages of classroom action, namely: (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. This classroom action research was carried out in 2 cycles. The results showed that there was an increase in student learning outcomes in the pre-cycle, cycle I and cycle II with respective values of 37%, 60% and 85%. The conclusion of the study is that the use of wall clock media by the peer tutor method can improve students' ability to understand the subject of a unit of time.Keyword : unit of time, media learning, peer tutoring methods, mathematics learning outcomes

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: hasil pembelajaran matematika media pembelajaran, metode tutor sebaya
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3505

Actions (login required)

View Item
View Item