NINA WISNUMURTI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA REALIA KELAS IV SDN KARANGLANGIT LAMONGAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Guru dapat memanfaatkan kurangnya keberhasilan akademik siswa sebagai batu loncatan untuk membahas topik yang relevan. Banyak guru sekarang menggunakan berbagai bentuk media untuk membantu siswa mereka belajar lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penggunaan media realistik di kelas IV SDN Karanglangit dapat meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap IPA. Informasi yang digunakan dalam analisis ini dikumpulkan selama PTK Siklus I dan II di dalam kelas. Tindakan guru dan siswa dicatat dalam survei dan dikorelasikan dengan nilai tes standar. Informasi dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif. Nilai aktivitas guru adalah 70,23 pada siklus I dan 90,90 pada siklus II. Pada siklus I siswa berprestasi pada taraf 64,90%, namun pada siklus II meningkat menjadi taraf 86,00%. Hasil dari pembelajaran meningkat sebesar 58,3% pada siklus I dan sebesar 84,4% pada siklus II. Siklus satu memiliki tingkat penguasaan 33,30%, sedangkan siklus dua meningkat menjadi 83,30%. Temuan ini mendukung gagasan bahwa memasukkan media realia ke dalam pelajaran tentang struktur minat dapat membantu siswa mempelajari materi dengan lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, media realia |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3504 |