WENNY PAULINASARI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN BANGKINGAN 2 SURABAYA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
AbstrakKemampuan bercerita siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN Bangkingan 2 Surabaya masih rendah karena siswa masih ragu-ragu dan belum terbiasa bercerita di depan kelas, siswa terlihat masih kurang percaya diri dan sering terlihat lupa tentang isi cerita yang harus disampaikan sehingga mengakibatkan kemampuan siswa dalam bercerita menjadi rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bercerita adalah dengan menggunakan menggunakan gambar seri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bercerita. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes kemampuan siswa dalam bercerita. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Bangkingan 2 Surabaya. Adapun teknik analisis data adalah: (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, (3) tes kemampuan siswa bercerita, kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Aktivitas guru dengan penerapan melalui gambar seri meningkat dari siklus I hanya pada 68,75% menjadi 84.37%, (2) Aktivitas siswa pada siklus I hanya pada 55% menjadi 88%, (3) Hasil kemampuan siswa dalam bercerita pada siklus I dengan rata-rata hanya 73,9 meningkat pada siklus II menjadi 82,5 ini berarti sebagian besar siswa tuntas belajar dengan diterapkan pembelajaran menggunakan gambar seri dalam bercerita pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SDN Bangkingan 2 Surabaya.Kemampuan Bercerita, Bahasa Indonesia, Gambar Seri
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bercerita, Bahasa Indonesia, Gambar Seri |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3499 |