LISTYO MAHANANI (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Melalui Mind Mapping Pada Siswa Kelas 5 SD Xin Zhong. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan kognitif siswa dalam pemahaman konsep-konsep PPKn yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut karena guru masih dominan menggunakan metode ceramah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar PPKn pada siswa kelas 5 SD Xin Zhong melalui penerapan mind mapping. Subjek dalam penulisan tindakan kelas ini yaitu siswa kelas 5 SD Xin Zhong Surabaya tahun pelajaran 2022-2023. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus perbaikan. Hasil dari penelitian tindakan kelas pada siklus 1, sebanyak 66,6% siswa mencapai KKM nilai >75, sedangkan di siklus 2 terjadi peningkatan pada siswa yang mencapai nilai >75, yaitu sebanyak 90,5% siswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan mind mapping terjadi peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: hasil belajar, PPKn, dan mind mapping |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3491 |