Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN IPA MATERI CAMPURAN HOMOGEN DAN HETEROGEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELAS V SD

SAPRIL TONAPA (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN IPA MATERI CAMPURAN HOMOGEN DAN HETEROGEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELAS V SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang penting untuk dipelajari. Hal ini tidaklah berlebihan karena IPA mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan alam semesta yang kita lihat sehari – hari. Materi pelajaran IPA yang berkaitan dengan alam sekitar kita semestinya menarik untuk dipelajari, pada kenyataannya tidak demikian. Banyak siswa yang tidak mampu memahami pelajaran IPA sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang terkadang kurang tepat diterapkan pada pembelajaran IPA. Seperti yang dialami oleh siswa SDS Anwar Karim VI Kelas V. Saat belajar IPA materi zat campuran, siswa tidak mampu memahami dan menjelaskan konsep yang berkaitan dengan pembelajaran saat itu. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi belajar siswa, dimana 76% siswa tidak mencapai KKM. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, melatarbelakangi ditulisnya judul penelitian: PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN IPA MATERI CAMPURAN HOMOGEN DAN HETEROGEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELAS V SD. Tujuannya agar tercapai proses pembelajaran yang menarik bagi siswa dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: IPA, Metode Eksperimen, Pembelajaran, Prestasi Belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3490

Actions (login required)

View Item
View Item