Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA KREATIVITAS DI KALANGAN REMAJA GEN Z

DEWI KINANTI (2022) PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA KREATIVITAS DI KALANGAN REMAJA GEN Z. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

TikTok menjadi trend baru dan menjadi budaya yang cukup berpengaruh penggunaannya di Indonesia. Terlebih lagi TikTok digunakan sebagai media kreativitas di kalangan remaja Gen Z, sehingga penggunaan TikTok mengalami tren yang menanjak naik cukup tajam. Dengan media sosial TikTok, selain dapat digunakan untuk mengekspresikan diri, tetapi juga bisa melatih diri untuk menjadi pribadi yang kreatif dan penuh inovasi. Karena alasan tersebut peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penggunaan aplikasi TikTok itu sendiri sebagai media kreativitas serta dampak positif dan negatif di kalangan remaja Gen Z. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan naratif dan menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi serta dokumentasi. Pada penelitian ini wawancara dilakukan kepada tiga orang informan yaitu satu informan utama dan dua orang informan pendukung. Informan utama pada penelitian ini adalah Alya Avivah sebagai Konten Kreator dan informan pendukung yaitu Gisella Syarief dan Ratu Namira sebagai pengguna aktif aplikasi TikTok. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial TikTok memiliki pengaruh terhadap pengembangan berfikir kreatif remaja Gen Z.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20222
Uncontrolled Keywords: Creativity, Gen Z, TikTok
Subjects: Program Studi > 72 Ilmu Komunikasi-S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:44
Last Modified: 07 Dec 2023 07:44
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item
View Item