MELANIA MONICA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA SITAYADI KELAS VI SDN 07 TERATI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 07 Terati pada materi karakteristik anggota sistem tata surya menjadi permasalahan yang diangkat dari penelitian ini. Melalui penerapan model pembelajaran tipe make a match berbantuan media SITAYA bertujuan untuk terciptanya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, melakukan tindakan, mengamati, dan refleksi. Instrumen penelitian ini yaitu tes hasil belajar melalui teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Hasil belajar dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase sesuai taraf keberhasilan klasikal. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran tipe make a match berbantuan media SITAYA dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 07 Terati. Hasil belajar mengalami peningkatan dari Pra siklus dimana ketuntasan klasikal sebesar 70,58% dengan rata-rata nilai siswa 74,12 yang tuntas berdasarkan hasil yang diperoleh pada evaluasi akhir siklus I. Sementara itu pada siklus II, ketuntasan belajar klasikal meningkat lagi menjadi 88,23% dengan rata-rata nilai yaitu 84,71.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar IPA, Media Sitaya, Model Make A Match |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3486 |