Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA FABEL MELALUI MEDIA GAMBARPADA SISWA KELAS II SDS ADICITA MULIA PONTIANAK

ATIKA RESTIANI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA FABEL MELALUI MEDIA GAMBARPADA SISWA KELAS II SDS ADICITA MULIA PONTIANAK. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak: Rendahnya pemahaman dan hasil belajar siswa pada saat membaca fabel disebabkan oleh cara guru yang monoton dalam melakukan pengajaran. Oleh karena itu, guru harus mampu memanfaatkan media di sekitar misalnya media gambar untuk meningkatkan pemahaman siswa. Keinginan dan ketertarikan siswa dalam belajar merupakan salah satu kunci untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca fabel melalui media gambar. Objek penelitian adalah hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila nilai rata-rata hasil belajar minimal sebesar nilai KKM=76. Data hasil belajar Bahasa Indonesia dikumpulkan melalui instrumen tes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pra-siklus sebesar 65. Setelah dilakukan penelitian, nilai rata-rata siklus I meningkat menjadi 75, sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata kelas telah berhasil mencapai kriteria keberhasilan sebesar 84,44. Oleh karena itu, dapat disimpulkan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca fabel pada siswa kelas II SDS Adicita Mulia tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Hasil belajar, Media gambar.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3484

Actions (login required)

View Item
View Item