KHAIRI (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI SIKLUS AIR DI SDN 12 SEBADANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 12 Sebedang, guru masih menggunakan metode ceramah yang monoton dan jarang menggunakan media pembelajaran.. Hal ini berdampak pada motivasi peserta didik dalam belajar rendah sehingga menyebabkan hasil belajar ikut rendah serta ini untuk mengetahui seberapa tinggi media pembelajaran berbasis video dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas V SDN 12 Sebedang. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi media pembelajaran berbasis video dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas V SDN 12 Sebedang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan pada Siklus Air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dari 43% pada prasiklus menjadi 62% pada siklus I dan persentase peserta didik yang melebihi KKM pada siklus II yaitu kurang lebih 88%. Dari hasil analisis data siklus I hingga siklus II terjadi peningkatan sebesar 26%. Data tersebut menunjukkan bahwa tingkat pencapaian pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 12 Sebedang melalui media pembelajaran berbasis video dapat dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Media video, materi siklus air, hasil belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3476 |