Search for collections on Karya Ilmiah

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Saintifik

YOHANES FAKUNDUS (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Saintifik. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 13 merupakan kurikulum yang ditetapkan oleh kementrian pendidikan. pada kurikulum tersebut terdapat Kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam proses pembelajaran. Masing msing tema yang memuat mata pelajaran memiliki kompetansi dasar. bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam belajaratau mendapat nilai rendah, maka guru wajib menggunakan berbagai pendekatan. Pada Penulisan ini, penulis menggunakan pendekatan Saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mapel bahasa Indonesia sub tema penghujan. peningkatan hasil belajar ini, penulis lakukan di kelas 1 Sekolah Dasar SD Negeri 07 Subah, Kecamatan Tayan Hilir , Kabupaten Sanggau. Penerapan Pendekatan saintifik pada mapel Bahasa Indoneis sub tema penghujan sangat baik. Siswa kelas I mengalami peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan. hasil tersebut terlihat pada proses pembelajaran di siklus I menuju pada siklus II. Nilai pengetahuan dan keterampilan peserta didik tidak lagi menjadi permasalahan di kelas. hal tersebut, terlihat pada diagram nilai pengetahuan dan keterampilan yang telah diperolah oleh siswa kelas I. oleh karena itu, pendekatan saintifik adalh salah satu pendekatan yang cocok diterapkan pada Mapel Bahasa Indonesia sub tema penghujan, kurikulum 13.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, Meningkatkan Hasil Belajar, Pendekatan Santifik
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3473

Actions (login required)

View Item
View Item