Search for collections on Karya Ilmiah

Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVSD Negeri 01 Sanggau

GALUH OKTA SAFITRI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVSD Negeri 01 Sanggau. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran aktif index card match terhadap hasil belajar siswa pada materi keliling bangun datar kelas IV SD Negeri 01 Sanggau. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Sanggau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Sebelum dilakukan metode ini, hasil belajar siswa pada materi keliling bangun datar sangat kurang dikarenakan siswa seperti tampak bosan dan kurang bersemangat. Bahkan saat diberikan soal, sebagian besar siswa tidak bisa menyelesaikan soal yang telah diberikan. Tetapi, masalah tersebut dapat teratasi dengan penerapan model pembelajaran index card match yang berbentuk kartu berpasangan. Terbukti dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai belajar siswa mengalami peningkatan setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran index card match. Selain itu, siswa juga menunjukkan minat yang tinggi dalam menerima dan melakukan kegiatan pembelajaran. Siswa juga tampak aktif dikelas saat proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, index card match, hasil belajar.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3472

Actions (login required)

View Item
View Item