NURHALIZA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIF LEARNING) PADA POKOK BAHASAN MENGENAL KELOMPOK PECAHAN UANG KELAS II SDN 09 BAHTA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini dilakukan adalah Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal nilai kelompok pecahan uang kelas II SDN 09 Bahta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif (Cooperatif Learning). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) PTK. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas atau PTK adalah jenis penelitian yang memaparkan baik proses maupun hasil, yang melakukan PTK di kelasnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaranya, dalam hal ini diperlukan metoe pembelajaran, salah satunya adalah Pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerjasama diantara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Depdiknas. Matematika sering di anggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit bagi siswa. Efek dari hal tersebut adalah ada banyak siswa yang merasa takut matematika sebelum mereka benar-benar mempelajari matematika. Pada akhirnya akan tertanam dalam diri siswa bahwa pelajaran matematika itu sulit. Banyak siswa malas mempelajari matematika karena matematika sulit.Alasan lain yang membuat siswa malas belajar matematika adalah kurangnya pengetahuan tentang manfaat materi matematika yang mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan guru kelas 2 SDN 09 BAHTA, hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika masih rendah, siswa belum mampu dalam memahami materi dan siswa kurang mampu dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini dapat dilihat ketika siswa melakukan ulangan matematika hasil belajar siswa masih rendah khususnya nya pada materi mengenal nilai kelompok pecahan uang. Menurut hasil pengamatan dalam pembelajaran matematika,hanya 20% dari jumlah siswa yang mampu mengerjakan soal dengan baik, 50% yang belum menguasai materi matematika dengan baik dan 30% siwa belum memahami materi yang di sampaikan. Artinya baru 20% dari siswa yang dapat menguasai materi matematika dan nilainya di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sehingga dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa kelas 2 SDN 09 Bahta masih rendah.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran kooperatif, Pecahan Uang |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3471 |