Search for collections on Karya Ilmiah

upaya meningkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan metode kooperatif learning tipe think pair share dikelas II SDN 24 sungai mawang kecamatan kapuas kabupaten sanggau

DEVINA AGUSTINA (2023) upaya meningkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan metode kooperatif learning tipe think pair share dikelas II SDN 24 sungai mawang kecamatan kapuas kabupaten sanggau. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan metode kooperatif learning tipe think pair share dikelas II SDN 24 Sungai Mawang Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. Pembelajaran kooperatif merupakan metode belajar yang dilaksanakan dengan bekerja sama antar siswa, sehingga nantinya siswa tidak semata mencapai kesuksesan secara individual atau saling mengalahkan antar siswa. Namun mereka juga bisa membantu teman belajarnya yang berkemampuan di bawah standart minimum. Dengan demikian tumbuhlah jiwa sosial dalam diri siswa. Metode pembelajaran kooperatif learning tipe think pair share adalah teknik pembelajaran kooperatif dimana siswa, bukan guru yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam pelaksanaan pembelajaran. Tujuannya untuk mengembangkan kerja tim, keterampilan belajar kooperatif learning tipe jigsaw dan menguasai pengetahuan secara mendalam yang tidak mungkin diperoleh apabuila mereka mencoba untuk mempelajari semua materi sendirian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 24 Sungai Mawang , sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan metode koopertaif learning tipe think pair share dengan memnfaatkan buku cerita pada sudut baca yang terletak dikelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)observasi, (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, tes membaca, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjuk bahwa nilai siswa dalam membaca atau pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode kooperatif learning tipe think pair share dapat meningkat. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat di ukur dari siklus I dan II.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: meningkatkan, kemampuan membaca, kooperatif learning tipe think pair share, sudut baca
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item
View Item