Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING MATERI SIKLUS MAHLUK HIDUP MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERWARNA PADA SISWA KELAS IV SDN 25 SINGKAWANG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SOFIA YUNITA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING MATERI SIKLUS MAHLUK HIDUP MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERWARNA PADA SISWA KELAS IV SDN 25 SINGKAWANG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dengan menggunakan metode cooperative learning materi siklus makhluk hidup melalui pemanfaatan media gambar berwarna pada siswa kelas IV SDN 25 Singkawang Semester II Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian tindakan dalam perbaikan pembelajaran ini adalah siswa kelas IV SDN 25 Singkawang yang berjumlah dari 34 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tempat penelitian berlangsung adalah Kelas IV SDN 25 Singkawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi langsung dan alat pengumpul data yaitu pedoman penilaian peningkatan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi sebagai bahan perbaikan untuk siklus yang berikutnya. Berdasarakan data grafik hasil ketuntasan belajar siswa pada prasiklus, tercatat hasil rata – rata adalah 62 dan pada hasil rata – rata siklus 1 tercatat adalah 68. Dari data hasil rata – rata prasiklus dan siklus 1 maka terdapat selisih perbandingan rata – rata interval score persen sebesar 6%. Adapun Hasil rata-rata ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari siklis 1 adalah 68 dan hasil rata-rata siklus 2 sebesar 80 maka terdapat selisih perbandingan rata-rata interval score persen sebesar 12 %. Dari hasil perbandingan persenan prasiklus terhadap siklus 1 dan siklus 1 terhadap siklus 2 maka tercatat hasil pencapaian kenaikan persenan sebesar 6%. Maka berdasarkan hasil interval score di atas, maka dengan menggunakan metode cooperative learning materi siklus makhluk hidup melalui pemanfaatan media gambar berwarna dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada di kelas IV semestar II SDN 25 Singkawang di kategorikan meningkat hasil belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, Metode Cooperative Learning, Media Gambar Berwarna.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3466

Actions (login required)

View Item
View Item