ANGGRIYANI (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model STAD Pada Materi Memelihara dan Melestarikan Alam. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil belajar adalah suatu prestasi belajar yang dicapai siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan membawa satuan perubahan dan pembentukan tingkah laku seseorang. Model STAD adalah salah satu pembelajaran kooperatif yang didalamnya beberapa kelompok kecil yang dalam terdapat kerja sama antara siswa yang satu dengan siswa yang lain.Tujuan dari perbaikan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memelihara dan melestarikan alam menggunakan model STAD sehingga siswa tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini menggunakan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui evaluasi yang berjumlah 30 siswa dengan 13 orang laki-laki dan 17 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan penelitian ini dilakukan melalui tahap prasiklus sampai dengan siklus II melalui rangkaian tahapan perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, refleksi.. Hasil belajar siswa setiap tahapnya mengalami peningkatan dapat dilihat dari hasi rata-rata siwa pada prasiklus hasil belajar siswa 59,5 dilakukan perbaikan pada siklus I hasil belajar siswa miningkat menjadi 66 kemudian dilakukan lagi perbaikan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yaitu 79,83. Sehingga model pembelajaran STAD ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memelihara dan melestarikan alam.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model STAD, Memelihara dan Melestarikan Alam |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3463 |