Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE KERJA KELOMPOK DI KELAS IV SDN 6 PARIT PELANG KECAMATAN TELUK BATANG KABUPATEN KAYONG UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

LISA SUMIARTI (2023) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE KERJA KELOMPOK DI KELAS IV SDN 6 PARIT PELANG KECAMATAN TELUK BATANG KABUPATEN KAYONG UTARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fokus penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 6 Parit Pelang dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik kerja kelompok? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan metode kerja kelompok di kelas IV SDN 6 Parit Pelang. Penelitian ini dilakukan pada tahun akademik 2022/2023, dan terdiri dari 18 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 7 perempuan. Untuk penelitian ini, desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart digunakan, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus diadakan dua kali di kelas, dan terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memperoleh daya serap 48,88% dan ketuntasan belajar klasikal 30% pada pra tindakan; pada tindakan I, siswa memperoleh 74,44% dan ketuntasan belajar klasikal 50%. Pada tindakan kedua, siswa memperoleh daya serap 87,77% dan ketuntasan belajar klasikal 88,88%, yang menunjukkan bahwa pembelajaran pada siklus kedua memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, IPS, dan Metode Kerja Kelompok.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:11
Last Modified: 11 Dec 2023 09:11
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item
View Item