FITRIA ALMUNAWARAH (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observer Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air di Kelas V SD. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak: Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada peserta didik SDN 19 Semanas Kecamatan Galing Kabupaten Sambas tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 13 perempuan dan 7 laki-laki. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 19 Semanas dengan menggunakan model Pembelajaran Predict Observe Explain. Hasil siklus I menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menjelaskan terjadinya siklus air 62,9 dengan persentase ketuntasan 45%. Hasil siklus II menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menjelaskan terjadinya siklus air juga meningkat menjadi 80 dengan persentase ketuntasan 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Predict Observe Explain memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan menjelaskan terjadinya siklus air pada peserta didik kelas V SDN 19 Semanas Kecamatan Galing Kabupaten Sambas tahun pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Siklus Air, POE. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:11 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/3444 |